Langsung ke konten utama

Lisensi dan level pada mikrotik RouterOS

Hai teman teman bertemu lagi dengan saya Misbahul Munir, yg kali ini saya akan membuat blog dengan tema Lisensi dan level pada mikrotik RouterOS, Ok langsung saja, Disimak ya...!

Menurut Galing Hilal

perbedaan lisensi level pada mikrotik, dimana pada dasarnya secara fungsi ataupun fitur sama, yang membedakan adalah keterbatasan penggunaan dan juga limitasi pada beberapa fitur di mikrotik.

Penjelasan dari masing-masing level adalah sebagai berikut :

1. Lisensi level 0
Lisensi level 0 bisa dikatakan sebagai lisensi demo, kita hanya di berikan waktu selama 24 jam untuk melakukan uji coba , lisensi ini didapatkan secara otomatis ketika instalasi mikrotik pertama kali, bisanya untuk lisensi level ini di terapkan jika kita ingin menggunakan mikrotik pada perangkat PC atau sejenisnya
2. Lisensi level 1
pada lisensi level 1 tidak ada masa berlaku akan tetapi ada limitasi pada fungsi dan fiturnya, sebagai contoh ketika akan mengaktifkan fungsi DHCP hanya bisa satu koneksi, sehingga begitu sudah ada 1 client yang terkoneksi, makan client yang kedua dan selanjutnya tidak bisa terkoneksi.
3. Lisensi level 2 
Untuk lisensi level 2 ini oleh mikrotik di skip tanpa ada alasan yang jelas dan dilanjutkan ke lisensi level berikutnya, yaitu lisensi level 3.
4. Lisensi level 3 
Pada lisensi level 3 ini tidak ada batas masa berlaku akan tetapi ada beberapa fitur yang di batasi, contohnya : pada lisensi level 3 hanya support digunakan sebagai client, pembatasan user yang aktif secara bersamaan, pembatasan fitur hotspot, pembatasan user manager.
5. Lisensi level 4 
pada lisensi level 4 kita bisa membangun network menggunakan interface wireless sebagai access point untuk topologi network yang sifatnya point to multipoint, Seperti halnya pada lisensi level 3 walaupun semua fungsi sudah dapat digunakan akan tetapi untuk jumlah user yang aktif secara bersamaan masih tetap ada batasan
6. Lisensi level 5 
Untuk lisensi level 5 ini tidak banyak perbedaan dengan lisensi level 5, yang paling terlihat adalah pambatasanjumlah user yang aktif secara bersamaan, pada level 5 jumlah yang dibatasi sampai dengan 500 user, selain itu untuk user manager maksimal user yang dibatasi menjadi 50.
7. Lisensi level 6 
Pada lisensi level 6 ini merupakan lisensi level yang tertinggi pada mikrotik, tidak da pembatasan baik itu masa berlaku maupun pada fitur-fitur nya atau disebut juga dengan unlimited, Semua fitur Mikrotik dapat digunakan secara leluasa pada level ini, karena tidak ada pembatasan Biasanya Level 6 ini digunakan pada spesifikasi hardware yang tinggi dan memang difungsikan sebagai Contorller,misal Bandwidth Manajemen. 

RouterBOARD dan lisensi PC 
Perangkat RouterBOARD sudah diinstal sebelumnya dengan lisensi RouterOS, Untuk sistem X86 (mis. Perangkat PC), Anda perlu mendapatkan kunci lisensi.
Kunci lisensi adalah blok simbol yang perlu disalin dari akun mikrotik.com Anda, atau dari email yang Anda terima, dan kemudian dapat disisipkan ke router. Anda dapat menempelkan kunci di mana saja di terminal, atau dengan mengklik "Tempel kunci" di menu Lisensi Winbox. Diperlukan boot ulang agar kunci berfungsi.

Tingkat Lisensi 
Setelah instalasi RouterOS berjalan dalam mode uji coba . Anda memiliki 24 jam untuk mendaftar ke Level1 atau membeli Level 3,4,5 atau 6 dan memasukkan kunci yang valid.
Level 3 adalah lisensi hanya stasiun nirkabel
Level 2 adalah lisensi transisi dari format lisensi lawas lama (pra 2.8). Lisensi ini tidak tersedia lagi, jika Anda memiliki lisensi seperti ini, itu akan berfungsi, tetapi untuk memutakhirkannya - Anda harus membeli lisensi baru.

Ini adalah tabel perbedaan antara tingkat lisensi 
Sumber : https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:License 
Menurut Ayu    
Fitur-fitur yang dimiliki oleh RouterOs ditentukan oleh level lisensi yang sudah ada pada perangkat. Level dari lisensi menentukan masa pakai dan membatasi fitur-fitur yang digunakan. Lisensi melekat pada tempat penyimpanan.

Tingkat lisensi 

  • Level 0 (gratis); tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
  • Level 1 (demo); pada level ini kamu dapat menggunakannya sebagai fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
  • Level 3 sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.
  • Level 4 sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.
  • Level 5 mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.
  • Level 6 mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun. 
Lisensi CHR 
Menurut wiki.mikrotik.comCHR memiliki 4 tingkatan lisensi, yaitu :
  • Gratis 
  • p1 abadi-1 ($ 45)
  • p10 abadi-10 ($ 95)
  • p- takterbats abadi-takterbatas ($ 250)
Lisensi uji coba gratis 60 hari tersedia untuk semua tingkat lisensi berbayar. Untuk mendapatkan lisensi uji coba gratis, Anda harus memiliki akun di MikroTik.com karena semua manajemen lisensi dilakukan di sana. Perpetual (abadi) adalah lisensi seumur hidup (beli sekali, gunakan selamanya). Setelah melisensikan sistem uji coba yang berjalan, Anda harus secara manual menjalankan fungsi / lisensi sistem pembaruan dari CHR untuk membuatnya aktif. Kalau tidak, sistem tidak akan tahu Anda telah melisensikannya di akun Anda. Jika Anda tidak melakukan ini sebelum batas waktu sistem, uji coba akan berakhir dan Anda harus melakukan instalasi CHR baru yang lengkap.
Sumber : https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:CHR
Lisensi berbayar
p1
tingkat lisensi p1 (perpetual-1) memungkinkan CHR berjalan tanpa batas. Ini terbatas pada unggahan 1Gbps per antarmuka. Dimungkinkan untuk meningkatkan p1 ke p10 atau p-tidak terbatas Setelah pemutakhiran dibeli.

p10
tingkat lisensi p10 (perpetual-10) memungkinkan CHR berjalan tanpa batas. Ini terbatas pada unggahan 10Gbps per antarmuka. Semua fitur lainnya yang disediakan oleh CHR tersedia tanpa batasan.

p-tidak terbatas
Tingkat lisensi p-unlimited (perpetual-unlimited) memungkinkan CHR berjalan tanpa batas. Ini adalah lisensi tingkat tertinggi dan tidak memiliki batasan yang dipaksakan.

Lisensi gratis
Gratis
Tingkat lisensi gratis memungkinkan CHR berjalan tanpa batas. Ini terbatas pada unggahan 1Mbps per antarmuka. Untuk menggunakan ini, yang harus Anda lakukan adalah mengunduh file gambar disk dari halaman unduh kami dan membuat tamu virtual.

Uji coba 60 hari
Selain pemasangan Gratis terbatas, Anda juga dapat menguji kecepatan peningkatan lisensi P1 / P10 / PU dengan uji coba 60.

Kesimpulan
Dari beberapa sumber di atas kita dapat menyimpulakan bahwa  Lisensi dan level pada mikrotik RouterOS ada 6 level, dari level 0 sampai level 6 yang dimana dari level 0 sampai level 1 itu gratis (tidak berbayar), level 2  di skip tanpa ada alasan yang jelas dan dilanjutkan ke lisensi level 3 yang dimana ada penambahan fitur-fitur yaitu penambahan pengolaan eternet dan perangkat wireless client dan level 4 penambahan pengelolaan wireless tipe akses poin dan level 5 penambahan user pengguna hotspot mikrotik sedangkan level 6 mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi. Dan HCR memiliki lisensi yang bersifat berbayar dan gratis. Untuk yang berbayar itu ada p1, p10, dan p-tidak terbatas dan yg tidak berbayar (gratis) itu ada tingkat lisensi gratis dan lisensi uji coba 60 hari  






                               DAFTAR PUSTAKA 

Hilal, Gilang. 2017. Licensi Level pada Mikrotik 
Diakses pada 03 Januari 2020 pukul 09 : 11

___. 2019. Manual:License-MikroTik Wiki

https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:License 
Diakses pada 03 Januari 2020 pukul 13 : 14

Ayu. 2017. License pada Mikrotik 
http://ayu6600.blogspot.com/2017/03/license-pada-mikrotik.html 
Diakses pada 03 Januari 2020 pukul 15 : 59



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian NAT dan fungsi fungsi Action pada NAT

Hai bertemu lagi dengan saya Misbahul Munir, Oia udah berapa banyak kalian mengikuti blog saya, jangan bosen yaa. Kali ini saya akan membuat blog dengan tema NAT (Netwaork Address Tranlation) Ok langsung di simak ya...! NAT  https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/Firewall/NAT   NAT adalah standar internet yang memungkinkan penghuni di jaringan area lokal untuk menggunakan satu set alamat IP untuk komunikasi internet dan set alamat IP untuk komunikasi eksternal.  Ada dua jenis NAT. srcnat. Jenis NAT ini dilakukan pada paket yang berasal dari jaringan natted. NAT menggantikan alamat sumber pribadi dari paket IP dengan alamat IP publik baru saat bepergian melalui router.  dstnat. Jenis NAT ini dilakukan pada paket yang ditakdirkan untuk jaringan natted. ini paling umum digunakan untuk membuat host dijaringan pribadi agar dapat diakses dari internet. Router NAT yang melakukan dstnat menggantikan alamat IP tujuan dari paket IP saat ia melakukan perjalanan melalui router menuju ja

Pengertian, Fungsi, Cara Instalasi dan Setting Mikrotik di GNS3

Hai teman-teman bertemu lagi dong dengan saya, yang kali ini saya akan membuat blog tentang Pengertian GNS3. Yuk langsung di baca ya jangan malas membaca OK. Pengertian GNS3  Menurut Lina Herlina GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. Menurut Reza Amril GNS adalah permodelan software berbasis GUI (Graphical Unit Interface).Software ini bisa dibilang gabungan dari cisco paket tracer dan virtualbox, tapi sofware ini lebih menggambarkan kondisi nyata dalam konfigurasi router langsung dibanding dengan cisco paket tracer. Menurut Dhika GNS3 adalah software permodelan yang berbasis GUI  atau (Graphical User Interface). Software ini bisa dibilang gabungan dari Cisco Paket Tracer dan Virtualbox, akan tetapi software ini lebih menggambarkan kondisi nyata dalam mengkonfigurasi router langsung dibanding dengan