Langsung ke konten utama

Pengertian, Fungsi, Cara Instalasi dan Setting Mikrotik di GNS3

Hai teman-teman bertemu lagi dong dengan saya, yang kali ini saya akan membuat blog tentang Pengertian GNS3. Yuk langsung di baca ya jangan malas membaca OK.

Pengertian GNS3 
  • Menurut Lina Herlina
    • GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi.
  • Menurut Reza Amril
    • GNS adalah permodelan software berbasis GUI (Graphical Unit Interface).Software ini bisa dibilang gabungan dari cisco paket tracer dan virtualbox, tapi sofware ini lebih menggambarkan kondisi nyata dalam konfigurasi router langsung dibanding dengan cisco paket tracer.
  • Menurut Dhika
    • GNS3 adalah software permodelan yang berbasis GUI  atau (Graphical User Interface). Software ini bisa dibilang gabungan dari Cisco Paket Tracer dan Virtualbox, akan tetapi software ini lebih menggambarkan kondisi nyata dalam mengkonfigurasi router langsung dibanding dengan Cisco Paket Tracer.
Dari beberpa pendapat di atsa dapat kita simpulkan bahwa GNS3 itu adalah sebuah program grapical network simulator, yang memiliki Software permodelan yang berbasis GUI. Software ini bisa dibilang gabungan dari Cisco Paket Tracer dan Virtualbox, tapi sofware ini lebih menggambarkan kondisi nyata dalam konfigurasi router langsung dibanding dengan cisco paket tracer. 

Fungsi GNS3 
Menurut Arie Adi Subangun
  • GNS3 sering dipakai sebagai simulator router Cisco, Juniper, Mikrotik dan Virtual Machine. Jarang terlihat GNS3 dipakai untuk simulator Switch tentunya yang manageble seperti switch Cisco.
Menurut Wahyu Hermanto
  • GNS3 berfungsi untuk membangun jaringan untuk menghubungkan komputer-komputer virtual atau bisa juga menghubungkannya ke internet.
Menurut Nur Aini
  • GNS3 sering dipakai sebagai simulator router Cisco, Juniper, Mikrotik dan Virtual Machine. Jarang terlihat GNS3 dipakai untuk simulator Switch. Namun bukan tidak mungkin kalau GNS3 dapat dipakai untuk mengsimulatorkan switch.
Menurut beberapa sumber di atas dapat kita simpulakan bahwa GNS3 berfungsi untuk membangun jaringan atau simulatornya gitu, sebelum kita masuk ke tahab yang sebenarnya atau real nya.

Cara Instalasi GNS3 di Windows 

1. Yang pertama kalian Download aplikasi GNS3 dulu 
2. Lalu kalian buka Installer GNS3 lalu pilih Next

3. Lalu setelah itu kalian klik "I Agree" 


4. Setelah itu kalian tinggal next saja


5. Setalah itu pada tampilan ini kalian tinggal pilih Install

6. Setelah itu pada tampilan selanjutnya kalian pilih "Cancel" 

7. Di tampilan selanjutnya kalian tunggu sampai Completed lalu klik "Next"

8. Selanjutnya kalian pilih "No" dan klik "Next"


9. Dan langkah terakhir kalian tinggal klik "Finish"



DAFTAR PUSTAKA

Herlina Lina. 2017. Pengertian GNS3 dan Konfigure 
Diakses pada 6 januari 2020 pukul 07 : 45

Amril Reza. 2017. Pengertian dan Cara Menggunakan GNS3
Diakses pada 6 januari 2020 pukul 08 : 11 

Dhika. 2018. Pengertian GNS3 (Graphical Network Simulator-3) dan Installasi
Diakses pada 6 januari 2020 pukul 08 : 28 

Adi Subangun, Arie. 2018. Fungsi Simulator GNS3 Serta Langkah Demi Langkah Proses Instalasi dan Cara Pengginaan GNS3 Sebagai Simulator Mikrotic
Diakses pada 6 januari 2020 pukul 09 : 14 

Hermanto Wahyu. 2019. Apa Fungsi GNS3?
Diakses pada 6 januari 2020 pukul 09 : 49

Aini Nur. 2019. Apa Pengertian GNS3 dan Fungsinya
Diakses pada 6 januari 2020 pukul 10 : 11 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian NAT dan fungsi fungsi Action pada NAT

Hai bertemu lagi dengan saya Misbahul Munir, Oia udah berapa banyak kalian mengikuti blog saya, jangan bosen yaa. Kali ini saya akan membuat blog dengan tema NAT (Netwaork Address Tranlation) Ok langsung di simak ya...! NAT  https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/Firewall/NAT   NAT adalah standar internet yang memungkinkan penghuni di jaringan area lokal untuk menggunakan satu set alamat IP untuk komunikasi internet dan set alamat IP untuk komunikasi eksternal.  Ada dua jenis NAT. srcnat. Jenis NAT ini dilakukan pada paket yang berasal dari jaringan natted. NAT menggantikan alamat sumber pribadi dari paket IP dengan alamat IP publik baru saat bepergian melalui router.  dstnat. Jenis NAT ini dilakukan pada paket yang ditakdirkan untuk jaringan natted. ini paling umum digunakan untuk membuat host dijaringan pribadi agar dapat diakses dari internet. Router NAT yang melakukan dstnat menggantikan alamat IP tujuan dari paket IP saat ia melakukan perjalanan melalui router menuju ja

Lisensi dan level pada mikrotik RouterOS

Hai teman teman bertemu lagi dengan saya Misbahul Munir, yg kali ini saya akan membuat blog dengan tema Lisensi dan level pada mikrotik RouterOS, Ok langsung saja, Disimak ya...! Menurut  Galing Hilal perbedaan lisensi level pada mikrotik, dimana pada dasarnya secara fungsi ataupun fitur sama, yang membedakan adalah keterbatasan penggunaan dan juga limitasi pada beberapa fitur di mikrotik. Penjelasan dari masing-masing level adalah sebagai berikut : 1. Lisensi level 0 Lisensi level 0 bisa dikatakan sebagai lisensi demo, kita hanya di berikan waktu selama 24 jam untuk melakukan uji coba , lisensi ini didapatkan secara otomatis ketika instalasi mikrotik pertama kali, bisanya untuk lisensi level ini di terapkan jika kita ingin menggunakan mikrotik pada perangkat PC atau sejenisnya 2. Lisensi level 1 pada lisensi level 1 tidak ada masa berlaku akan tetapi ada limitasi pada fungsi dan fiturnya, sebagai contoh ketika akan mengaktifkan fungsi DHCP hanya bisa satu koneksi, sehingg