Langsung ke konten utama

Sejarah Mikrotik

Hai teman teman bertemu lagi dengan saya, Misbahul munir yang kali ini akan menjelaskan tentang sejarah Mikrotik, OK langsung kita simak ya......!

Sejarah Mikrotik

Sumber : https://catatanblogkecil.blogspot.com/2013/12/pengertian-dan-sejarah-mikrotik.html
1. Menurut Ika Nur Khana
  •    Mikrotik adalah perusahaan kecil yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia, di bentuk oleh Jhon Trully dan Arnis Riekstatins. Jhon adalah orang america yang ber imigrasi ke latvia dan berjumpa dengan Arnis yang sarjana fisika dan mekaniak di sekitar tahun 1995. Tahun 1996 Jhon dan Arnis mulai me-routing dunia (visi Mikrotik adalah me-routing seluruh dunia) Mulai dengan sistem linux dan MSDOS  yang dikombinasikan dengan teknologi Wireles LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Molcova.
  •   Kepopuleran Mikrotik menyebar juga ke Indonesia. Pertama kali masuk tahun 2001 ke Jogja melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dan kawan-kawan, lalu meluas menjadi satu solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN. Kebetulan sekali, jogja merupakan salah satu kota di indonesia yang populasinya pemakaian W-LAN nya terbesar kalau dinbandingkan luas daerahnya.


2. Menurut  Septia Lutfi

  •    Mikrotik di buat oleh MikroTikls sebuah perusahana di kota Riga, Latvia. Latvia adalah sebuah negara yang merupakan "pecahan" dari negara Uni Soviet dulunya atau Rusia sekarang ini. Mikrotik awalnya ditunjukakan untuk perusahaan jasa layanan internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayanai pelangganya menggunakan teknologi nirkabel atau wireless.
  •   kepopuleran Mikrotik menyebar juga ke indonesia. pertama kali masuk tahun 2001 ke jogja melalui Citaraweb oleh valens Riyadi dan kawan-kawan, lalu meluas menjadi satu soluai murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN. Dan kebetulan sekali, jogja merupakan satu contoh, bahwa kita semua membantu calon pemakaian internet untuk masuk ke dunia maya, terutama membangun infrastrukturnya.


3. Menurut Hita

  •   Mikrotik adalah perusahan kecil berkantor pusat di latvia, bersebelahan dengan Rusia, pembentuknya John Trully dan Arnis Riekstans. jhon adalah orang Amerika yang bermigrasi ke Latvia dan berjumpa Arnis Riekstins pada tahun 1995. tahun 1996 jhon dan Arnis mulai me-routing dunia (visi mikrotik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Molocova, Tetangga Latvia, baru keudian meayani pelangganny di Latvia.
  •   Pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2001 ke jogja melalui Citraweb oleh Riyadi dan kawan-kawan, lalu meluas menjadi satu solisi murah membangun ISP, terutama yang berbasis  W-LAN.


4. Menurut Jumaida

  •    Mikrotik dibuat oleh MikroTilks sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia yang bersebelahan dengan Rusia. Pembentuknya adalah Jhon Trully dan Arnis Riekstins. Jhon adalah orang Amerika yang pergi ke Letvia dan bertemu dengan arnis yang yang sarjana Fisika. Pada tahun 1996 mereka mulai me-routing dunia. Mulai dari sistem linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN.
  •   Kepopuleran Mikrotik menyebar hingga hingga ke indonesia. Dan pertama kali masuk pata tanggal 2001 tepatnya di jogja melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dan kawan-kawan. Jogja merupakan salah satu kota di indonesia yang populasi pemakaian W-LAN terbesar. 


5. Menurut Helmi
  •  Pada tahun 1996 adalah masa dimana 2 orang hebat jhon dan Arnis memulai perjalanannya dengan sistem MS DOS dan Linux mereka mengkombinasikan dengan Wirelless. Mikrotik didirikan pada tahun 1996 kremudian lahirnya Router OS pada tahu 1997 kemudian di kembangkan lagi dan akhirnya pada taun 2002 adalah taun dimana routerboard di buat


  •  Menurut Citraweb
    • Mikrotik Indonesia, dioperasikan oleh Citraweb. Citraweb menggunakan produk-produk Mikrotik sejak tahun 2001 dan menjadi reseller resmi mikrotik di indonesia sejak tahun 2002.

Menurut pendapat pendapat di atas dapat kita simpulkan bahwa sejarah mikrotik adalah Mikrotik diciptakan oleh 2 orang hebat yaitu John Trully dan Arnis Riekstans pada tahun 1996.
Awalmula masuk ke Indonesia itu pada tahun 2001 di kota jogja melalui Citraweb oleh Valens Riyandi dan kawan-kawannya.

                        DAFTAR PUSTAKA

Nur Khana, Ika. 2012. Sejarah Mikrotik
http://ikha-khana.blogspot.com/2012/10/sejarah-mikrotik.html
Diakses pada 7 Oktober 2019 pukul 09 : 10

Lutfi, Septian. 2013. Makalah Mikrotik

http://septia-lutfi-1102412069-03.blogspot.com/2013/12/makalah-mikrotik.html
Diakses pada 7 Oktober 2019 pukul 10 : 32

Hita. 2018. Pengertian dan Sejarah Mikrotik

https://hitasw.blogspot.com/2018/01/pengertian-dan-sejarah-mikrotik.html
Diakses pada 7 Oktober 2019 pukul 11 : 02

Jumaida. 2017. Makalah Lengkap Tentang MIkrotik
http://jumaidha999.blogspot.com/2017/01/makalah-lengkap-tentang-mikrotik_10.html
Diakses pada 7 Oktober 2019 pukul 12 : 46

Helmi. 2016. Sejrah Singkat Mikrotik yang Harus Anda Ketahui
http://pondokmikrotik.blogspot.com/2016/11/sejarah-singkat-mikrotik-yang-harus-anda-ketahui.html
Diakses pada 7 Oktober 2019 pukul 13 : 53

............................Tentang Ctraweb
http://mikrotik.co.id/index_lihat.php?id=1
Diakses pada 7 Oktober 2019 pukul 14 : 00

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian NAT dan fungsi fungsi Action pada NAT

Hai bertemu lagi dengan saya Misbahul Munir, Oia udah berapa banyak kalian mengikuti blog saya, jangan bosen yaa. Kali ini saya akan membuat blog dengan tema NAT (Netwaork Address Tranlation) Ok langsung di simak ya...! NAT  https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/Firewall/NAT   NAT adalah standar internet yang memungkinkan penghuni di jaringan area lokal untuk menggunakan satu set alamat IP untuk komunikasi internet dan set alamat IP untuk komunikasi eksternal.  Ada dua jenis NAT. srcnat. Jenis NAT ini dilakukan pada paket yang berasal dari jaringan natted. NAT menggantikan alamat sumber pribadi dari paket IP dengan alamat IP publik baru saat bepergian melalui router.  dstnat. Jenis NAT ini dilakukan pada paket yang ditakdirkan untuk jaringan natted. ini paling umum digunakan untuk membuat host dijaringan pribadi agar dapat diakses dari internet. Router NAT yang melakukan dstnat menggantikan alamat IP tujuan dari paket IP saat ia melakukan perjalanan melalui router menuju ja

Pengertian, Fungsi, Cara Instalasi dan Setting Mikrotik di GNS3

Hai teman-teman bertemu lagi dong dengan saya, yang kali ini saya akan membuat blog tentang Pengertian GNS3. Yuk langsung di baca ya jangan malas membaca OK. Pengertian GNS3  Menurut Lina Herlina GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. Menurut Reza Amril GNS adalah permodelan software berbasis GUI (Graphical Unit Interface).Software ini bisa dibilang gabungan dari cisco paket tracer dan virtualbox, tapi sofware ini lebih menggambarkan kondisi nyata dalam konfigurasi router langsung dibanding dengan cisco paket tracer. Menurut Dhika GNS3 adalah software permodelan yang berbasis GUI  atau (Graphical User Interface). Software ini bisa dibilang gabungan dari Cisco Paket Tracer dan Virtualbox, akan tetapi software ini lebih menggambarkan kondisi nyata dalam mengkonfigurasi router langsung dibanding dengan

Lisensi dan level pada mikrotik RouterOS

Hai teman teman bertemu lagi dengan saya Misbahul Munir, yg kali ini saya akan membuat blog dengan tema Lisensi dan level pada mikrotik RouterOS, Ok langsung saja, Disimak ya...! Menurut  Galing Hilal perbedaan lisensi level pada mikrotik, dimana pada dasarnya secara fungsi ataupun fitur sama, yang membedakan adalah keterbatasan penggunaan dan juga limitasi pada beberapa fitur di mikrotik. Penjelasan dari masing-masing level adalah sebagai berikut : 1. Lisensi level 0 Lisensi level 0 bisa dikatakan sebagai lisensi demo, kita hanya di berikan waktu selama 24 jam untuk melakukan uji coba , lisensi ini didapatkan secara otomatis ketika instalasi mikrotik pertama kali, bisanya untuk lisensi level ini di terapkan jika kita ingin menggunakan mikrotik pada perangkat PC atau sejenisnya 2. Lisensi level 1 pada lisensi level 1 tidak ada masa berlaku akan tetapi ada limitasi pada fungsi dan fiturnya, sebagai contoh ketika akan mengaktifkan fungsi DHCP hanya bisa satu koneksi, sehingg